Thursday, December 31, 2015

Muhasabah Diri

Sudah lama tidak curhat disini *edisikangen*


sumber : pinterest

Banyak peristiwa suka dan duka yang dialami selama tahun 2015 ini. 
Banyak hal yang harus dipelajari lagi. 
Banyak kejadian yang membuat saya harus lebih banyak lagi belajar menahan emosi, menahan lisan, belajar ikhlas dan sabar.

Belajar lagi untuk bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua orang bisa mengerti batas kekerasan pada anak, mana yang bisa ditolerir mana yang harus segera diwaspadai.

Belajar untuk bisa menerima bahwa tidak setiap orang tua mengerti bahwa anak harus dihindarkan dari kondisi BLAST (Bored, Lonely, Afraid, Stress, Tired).

sumber : Yayasan Kita dan Hati (Cara Mencerdaskan Emosi Anak)

Belajar menerima bahwa tidak semua orang mengerti makna 'debriefing" pada anak.
Belajar untuk menerima bahwa masih banyak orang yang tidak mengerti tentang innerchiled negatif akibat unfinished business pada anak.

Belajar mengendalikan amarah dan diam ketika ada orang yang tidak mau tabayyun terhadap sebuah berita. 

Padahal sudah jelas tertera didalam Al Qur'an : 
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah (kebenarannya) dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. (Al-Hujurat: 6)

Mulai 2016, harus banyak belajar dan berdoa agar kehidupan diri, anak dan keluarga bisa lebih baik lagi, dijauhkan dari segala marabahaya, dijauhkan dari segala macam penyakit hati, serta dijauhkan dari fitnah. Aamiin


No comments:

Post a Comment