Friday, December 16, 2011

Prenatal Yoga



Gerakan yoga adalah seni olah tubuh dan pernapasan dari India. Bagi ibu hamil, gerakan ini bukan hanya bermanfaat untuk kesegaran jasmani dan rohani, tapi juga memperlancar proses persalinan kelak. Dengan yoga, ibu hamil terbantu untuk merasa santai, mempunyai self control yang tinggi dan lebih pede. Karena pada intinya, yoga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran.
Jadi, seluruh sistem yoga, tanpa kecuali, diharapkan dapat mempengaruhi keseimbangan mental, emosional, intelektual, dan fisik manusia. Nah, karena menyangkut holistik (keseluruhan sistem) inilah, maka seluruh gerakan yoga bermanfaat untuk mental si ibu, yang efeknya tentu akan sampai juga ke janin.
Tapi, meski punya banyak sekali manfaat, ibu hamil juga tidak bisa sembarangan lho. Untuk melakukan gerakan yoga, ibu juga harus memperhatikan kondisi dirinya. Bila nyaman melakukannya, silakan saja.
Banyak calon ibu yang beryoga mengaku, yoga membantu mengurangi sakit punggung dan kaki, otot yang kram atau nyeri, dan bengkak akibat penumpukan cairan. Sedikitnya yoga dapat mengatasi kram kaki, sakit punggung dan menguatkan tubuh untuk proses kelahiran. 
Minggu lalu (kehamilan -/+ 22w) untuk pertama kalinya saya ikut kelas Prenatal Yoga.  Banyak juga yang tanya, kesannya seperti gaya2an aja ikut yoga :-)
Tapi ...  karena di usia kehamilan yang terus bertambah saya sering merasakan nyeri dan sakit pada pinggang dan punggung, maka dengan yoga Alhamdulillah bisa mengurangi semua hal tersebut. 
Apalagi yoga termasuk  latihan yang relatif aman karena lebih banyak terfokus pada latihan pernafasan. Hanya saja sebaiknya yoga dimulai ketika trisemester kedua atau setidaknya sampai mual dan pusing berkurang . 

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Prenatal Yoga :
  • Berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda sebelum mulai melakukan yoga secara teratur. Lakukan yoga di bawah pengawasan instruktur atau dalam kelas khusus prenatal yoga, agar Anda mendapat pengarahan seputar gerakan dan pernapasan yang benar. Bila Anda pernah keguguran, tunggu hingga usia kehamilan mencapai 16 minggu dan barulah Anda bisa beryoga. Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan gerakan yang malah membuat Anda tidak nyaman. Jadi, belajarlah untuk memahami batas kemampuan Anda.
  • Berpakaian senyaman mungkin, dan jangan lupa membawa handuk kecil. Karena biarpun gerakan prenatal yoga termasuk ringan, bukan tidak mungkin ibu hamil akan mengeluarkan keringat.
  • Usahakan tidak makan besar 1 jam sebelum melakukan aktifitas prenatal yoga. Tapi masih diperbolehkan untuk ngemil dikarenakan kondisi ibu hamil yang suka merasa lapar
  • Kalau perlu sediakan air putih di dekat anda, untuk antisipasi apabila sewaktu2  merasa kehausan.
Selamat Mencoba ^_^

Tempat : Galenia MCC, Jl. Badak Singa No. 8 Bandung
Waktu : Sabtu, 10.00 - 11.30 Wib
Biaya : Rp. 35.000,-
 
Foto : dari  Galenia MCC dan dr. Aviasti Pratiwi
 

No comments:

Post a Comment