Tuesday, July 24, 2012

Alaric Arkananta Athallah

Sebelum mempunyai anak, bahkan sebelum menikah.. saya suka sekali membaca arti2 nama bayi. Bahkan ketika sedang berada di toko buku pun sekali dua kali pasti menghampiri rak yang ditempati buku-buku nama bayi :-)

Tapi ketika dinyatakan hamil dan kandungan sudah semakin membesar, ternyata saya bukanlah orang yang rajin untuk mencari nama, apalagi kemudian harus merangkainya. 

Dengan suami kita sudah sepakat harus ada unsur nama Arab didalamnya, dan tidak tertutup kemungkinan memasukkan unsur nama dari bahasa lain. Dan sudah pasti selain nama yang berasal dari bahasa Arab, saya ingin sekali memasukkan bahasa Sansekerta didalamnya.

Hari demi hari, bulan demi bulan berlalu .. Setiap saat disempatkan untuk browsing nama-nama, tapi kemudian saya selalu gagal merangkai menjadi untaian yang bermakna. Suami pun ditanya demikian. Sempat takjub juga ketika tahu ternyata suami mengumpulkan beberapa nama-nama bayi yang dicari dari internet. 

Sampai akhirnya kita masing2 hanya mempunyai satu nama andalan tapi kebingungan untuk mencari kata lain yang bisa melengkapi sehingga mempunyai makna yang diharapkan menjadi doa. 

Suatu ketika, saya dan suami sedang nonton tv, saya bilang ke dia : 'jadi siapa nih nama anak nya' .. masa nanti sampai keluar rumah sakit tetap aja bingung' ..  suami tidak berkata apa2, hanya menyodorkan HP nya trus bilang, coba tulis aja disini mau nya yang mana sekalian nama panjangnya (sambil memperlihatkan nama andalannya). Akhirnya saya coba merangkai, ditulis dan disimpan di HP nya tersebut (yang pasti nama andalan saya berada didepan donk)

Dan ... 22 April 2012, baby nio pun launching kedunia.
Setelah kondisi saya mulai pulih, saya pun tahu bahwa suami sudah menyebarkan foto2 kelahiran baby nio dan langsung menuliskan namanya.

... ternyata nama yang tertulis di HP yang akhirnya diputuskan olehnya, namun nama andalannya sudah pasti ditaruh didepan :-p

ALARIC ARKANANTA ATHALLAH
(Aric)

Alaric : (Germany) Pemimpin/Raja yang mulia
Arkananta : (Sansekerta) berhati terang
Athallah : Karunia Allah

Dengan harapan : (semoga) menjadi pemimpin yang mulia dan berhati terang (yang merupakan) karunia dari Allah (bagi ayah bunda nya)

No comments:

Post a Comment