Friday, October 11, 2013

Kebun Binatang Taman Sari - Bandung

Hari Minggu kemarin, saatnya memenuhi janji ke Alaric untuk ke Kebun Binatang *niat dari pas dia bisa jalan*. Kebetulan Raisa (sepupu Alaric) juga lagi main ke Bandung jadi sekalian bisa diajak juga.

Sebenarnya jarak dari rumah ke Kebun Binatang cukup jauh, tapi karena pengalaman seringnya pesan taksi tapi tak kunjung datang, akhirnya kita memutuskan untuk naik angkos saja. Pertama kita naik angkot 09 jurusan Derwati - Cicaheum turun di Jl. Supratman kemudian lanjut naik angkot Cicaheum - Ledeng berhenti di depan pintu masuknya. 


Dan ... setelah perjalanan selama hampir 2 jam, sampailah kita di Kebun Binatang Taman Sari - Bandung.

Tarif masuknya Rp. 20.000,- per orang untuk usia 3 tahun keatas. Jadi kemarin Alaric free charge alias gratis untuk masuk. 

Karena perut sudah keroncongan akibat perjalanan selama hampir 2 jam, ketika masuk dan melihat salah satu gerai makanan fast food kita putuskan untuk makan terlebih dahulu *kalau Alaric sudah bekal nasi pepes ikan tuna*
Selesai membeli makanan, liat2 sikon kog lebih enak makan di alam terbuka, jadi kita berjalan2 dan menemukan pelataran terbuka yang adem tepat didekat kandang buaya, beruang dan luwak. Jadi sambil bergantian makan, Alaric dan Raisha bisa melihat ketiga binatang tersebut.




Setelah selesai makan, kita lanjut untuk melihat2 hewan lainnya seperti aneka ular, aneka kura-kura, aneka burung, dll. 

  






Ditengah2 area kebun binatang, ternyata ada panggung pertunjukan terbuka, jadi kita bisa santai beristirahat sambil menikmati pertunjukan yang ada, dan kebetulan saat itu sedang dipertunjukkan atraksi pencak silat. 


Tepuk tangan melihat atraksi pencak silat

Setelah itu lanjut lagi melihat banteng, onta (sayangnya aric ga mau naik onta), rusa, merak, gajah  dan masih banyak aneka satwa lainnya. 





Puas berkeliling, ternyata didalamnya ada arena bermain untuk anak2 seperti ayunan, perosotan, dll. Hanya untuk masuk kedalamnya kita harus membayar lagi Rp. 2.000,- per orang. Lumayanlah untuk arena bermain yang usia nya sudah tidak baru lagi. Kita bisa melepas lelah sejenak sambil menunggu anak2 bermain. 


Senang main perosotan di arena bermain

Di sebelah arena bermain, kita yang muslim juga bisa menunaikan ibadah sholat. Hanya sayangnya petugas penitipan yang ada  (menurut saya) harus di 'tatar' ulang lagi. 
Kenapa ?  karena dia selalu meminta bayaran Rp. 2.000,-. Ketika saya tanya... sholatnya bayar ? dijawab dengan ketus .. kan jagain sendal. Padahal mah, posisi dia dimana posisi sendal dimana. Dan jarang sekali mereka (dia dan anaknya yang jaga) melihat ke tempat sendal. Dan jeleknya, kalau ada yang membayar Rp. 1.000,- tidak segan2 dia berteriak  menagih kekurangannya bahkan kalau anaknya yang terima uangnya, dia langsung marah ke anaknya dan menyuruh untuk menagih kekurangannya. 

So far, sebagai tempat Alaric belajar mengenal hewan, saya rasa Kebun Binatang Taman Sari ini ini sudah cukup. Hanya mungkin perlu ditambah lagi koleksi hewannya (kalau memungkinkan), karena kemarin kita mencari2 jerapah dan panda *hewan yang sudah Aric kenal melalui buku dan televisi* ternyata tidak ada.

No comments:

Post a Comment