Friday, November 25, 2011

Baby in 18 weeks

Tidak terasa sudah hampir 5 bulan anugrah terindah itu hadir dalam kehidupan kami ^_^

Menurut beberapa sumber yang saya baca, janin mulai bergerak2 pada minggu ketujuh tetapi baru mulai terasa sekitar bulan kelima. Dan ibu dengan kehamilan kedua atau berikutnya lebih peka dan lebih cepat merasakannya.
 
Perkembangan bayi pada bulan kelima sekitar 13-28 cm dengan berat sekitar 250 gr dan bertambah sekitar 100 g setiap minggu nya. Diakhir bulan kelima nanti bayi sudah memiliki proporsi yang sesuai dengan saat lahir nanti walau masih kurus. 

Sensori bayi mencapai puncaknya. Ototnya sudah dapat berkontraksi dan rileks. Bergerak sekitar 200 kali sehari tetapi kita hanya akan merasakan sedikit dari semua gerakan tersebut. Otak janin telah mencapai jutaan saraf motorik, karenanya ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.
Berhubung ini kehamilan pertama, maka agak bingung juga kalau ada yang bertanya " sudah nendang2 belum bayinya ? ", karena terus terang hal yang saya rasakan baru gerakan2 halus seperti gelembung2 kecil atau kadang seperti cenat cenat

Untuk bulan ini jadwal saya kontrol kembali pada 18 November 2011 kemarin. Sayangnya ketika sudah jauh2 ke RSIA Hermina Pasteur ternyata dr. Anita Deborah sudah mengurangi jadwal disana dan berpindah ke RSIA Limijati. Langsung saya hubungi asisten pribadinya (via sms) untuk menanyakan jadwalnya dan dibalas kalau saat itu masih berada di RSIA Limijati juga kalau saya bersedia kesana akan ditunggu oleh dr. Anita.

Sempat bingung harus bagaimana, karena walaupun sudah cocok dan klop dengan beliau tetapi cuaca saat itu tidak memungkinkan karena hujan deras plus sudah malam. Akhirnya karena suami ternyata harus kembali kekantor untuk meeting, maka diputuskan untuk kali ini kita kontrol ke dokter lain saja yang ada di RSIA Hermina Pasteur. 

Alhamdulillah, pilihan saya ke dr. IG. A. Cyntia Wijayanti SpOg ternyata tepat. Selain orangnya ramah, beliau juga komunikatif dan bersedia berdiskusi berbagai hal tentang kehamilan yang selalu ingin saya ketahui.


Ini hasil USG nya kemarin :
GA   : 18w6d
AC   : 12,81 cm
EFG : 241 gr

Alhamdulillah, menurut keterangan dr. Cyntia, baby nya sehat, berat dan panjangnya sesuai dengan umurnya. Dan yang membuat kita senang, ketika USG kemarin ada satu surprised yang langsung muncul dilayar monitor  tanpa perlu dicari2 lagi oleh dokternya :-) 

Vitamin yang diresepkan kali ini berbeda dari sebelumnya yaitu Osfit DHA dan Emineton.

1 comment:

  1. Teh.. Mau tanya ttg dokter dr. IG. A. Cyntia Wijayanti SpOg apakah recomended ?? karna kemungkinan akan konsultasi sama dokter tsb kedepannya. boleh balas via sms jg teh. ke 089635611115.. hatur niuhun sebelumnya :)

    ReplyDelete