Friday, November 4, 2011

Baby in 14 weeks - (Not Only) Morning Sickness

Mual dan muntah (Morning Sickness) diawal kehamilan dialami hampir separuh dari ibu hamil, yang sesungguhnya adalah keadaan khusus yang dirancang sebagai mekanisme perlindungan bagi wanita yang sedang mengandung benih agar tidak terlalu sering terpapar oleh toksin yang berasal dari lingkungan yang dapat mengancam kehidupan janin. 

Mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil adalah akibat dari peningkatan hormon2 kehamilan human chorionic gonadotropin (HCG), dan biasanya terjadi dipagi hari meskipun bukan tidak mungkin terjadi sepanjang hari. Hormon HCG meningkat drastis pada awal kehamilan untuk pembentukan plasenta (ari-ari) bayi sebagai pusat nutrisi janin selama dalam ruang nyaman yang bernama rahim ibu. 

Dan ... ternyata saya pun mengalaminya ^_^ itupun baru terjadi ketika umur kandungan sudah melewati 8w dan tidak hanya dipagi hari.
Banyak hal yang menjadi pencetus 'moment2 indah' itu untuk saya, diantara nya :
  1. Bahan makanan mentah, dan juga yang bau masakan yang baru matang. 
    Solusinya adalah tidak memasak dan membeli makanan dari luar *Thanks to my hubby krn sudah repot2 berganti peran menyiapkan makanan*. Tapi anehnya, kalau untuk baking justru malah enjoy2 aja alias sangat menikmati. Ya jelaslah, beda banget wangi tepung ditambah mentega/margarin, coklat, agar2 dsb dibandingkan bau ikan, ayam, daging mentah :-p
  2. Ketika sikat gigi dan mencuci muka.  Mungkin disebabkan karena kondisi air di Bandung Timur sini yang kurang bagus (keruh dan berbau). Sehingga dalam kondisi hamil muda ini ritual sikat gigi dan mencuci muka digantikan perannya oleh air A*Q* hangat. Dan juga (entah kenapa) pasta gigi yang saya gunakan sebelumnya juga turut jadi pemicu, sampai akhirnya suami tanpa sengaja membawakan pasta gigi non detergent. Alhamdulillah lumayan bisa mengurangi mual. 
  3. Kamar mandi. Yup ... entah kenapa walau sudah gonta ganti pengharum kamar mandi tetap saja tidak pengaruh :-( malah bau nya menambah rasa mual. Sampai akhirnya  kita memutuskan untuk tidak pakai pengharum sama sekali.
  4. Bau parfum suami. Alhamdulillah kalau yang ini suami sangat pengertian sekali, alias selama hampir 2 bulan rela tidak memakai parfum :-)
  5. Minum susu. Entah kenapa saya yang penggemar susu coklat, ketika usia kandungan 8w setiap meminum susu pasti langsung merasa asam di lambung dan tak lama akhirnya keluar lagi alias dimuntahkan. Solusinya ? Insya Allah nanti akan saya posting sendiri, karena masih banyak yang pro dan kontra tentang masalah minum susu ketika hamil.
Sebenarnya ketika kontrol ke dokter pada usia kandungan 10w, dokter memberi obat anti mual dan muntah. Tapi karena tidak pengaruh alias masih saja terjadi, akhirnya tidak saya minum lagi. 

Tapi yakin deh, semua 'kenikmatan' itu terbayar sudah ketika kunjungan ke dokter. 
Ya .. saat ini selalu dinantikan oleh semua calon ibu dan ayah, karena pada saat itulah waktunya untuk bertemu sang buah hati.



Ini baby nya ketika umur nya 13w5d ... 
Keterangan :
GA : 13w5d
CRL : 7,58 cm

Subhanallah, pas di USG dia melambaikan tangan ke ayah bundanya, terus bergerak gerak tanpa henti. Sampai2 susternya aja ketika melihat langsung berteriak kesenangan bahkan  dr. Anita juga agak kesulitan untuk mengambil posisi yang pas agar hasil USG nya tidak 'blur'.


Sehat terus ya nak .. Makin hari semakin tidak sabar untuk segera bertemu denganmu :-)

Karena sudah masuk trisemester kedua, maka vitamin yang diresepkan bukan Felamil Genio lagi, melainkan Fetavita. 

No comments:

Post a Comment